Kamis, 05 April 2012

hanya ke"IKHLAS"an yg dapat mengalahkan!!!


Dikisahkan dalam kitab Tanbihul Ghafilin oleh Al- Samarqandi, dari Ikrimah bahwa suatu ketika, seorang ahli ibadah melewati sebuah pohon. Dia tiba-tiba sangat marah karena melihat orang-orang berduyun menyembah pohon itu. Ia pun kembali kerumahnya mengambil kapak dan kembali untuk menebang pohon itu.
Namun, di perjalanan ia dicegat iblis yang melarangnya menebang pohon itu. Ia bersikeras bahwa pohon itu harus ditebang, karena merupakan sebab kesyirikan, menduakan allah. Namun iblis terus mencegatnya hingga terjadi pergulatan. Dengan mudah, ahli ibadah itu mengalahkan iblis yang menyerupai manusia biasa. Karena kalah, lalu iblis menawarkan dua dinar yang akan ditaruh dibawah bantal lelaki itu setiap harinya. Ia pun setuju. Beberapa hari berikutnya ia begitu menikmati dua dinar pemberian yang ditaruh di bawh bantalnya. Hingga dihari kesekian, seperti biasanya, lelaki itu terbangun, namun kali ini ia tidak menemukan apa-apa dibawah bantalnya.
“Kurang ajar, aku telah ditipu, sekarang aku akan menebang pohon itu,” seru abid geram.
Dijalan ia kembali ditemui iblis dalam bentuk manusia lagi seraya ditanya, “Hendak kemanakah engkau ?”
Dengan masih marah, lelaki ahli ibadah itu menjawab, “Aku akan menebang pohon yang disembah itu.”
Iblis menukas, “Engkau berbohong, bukan karena itu engkau menebangnya.”
Abid terus melangkah untuk menebang pohon yang disembah orang itu, sehingga iblis itu marah dan membantingnya ketanah lalu mencekiknya erat, seraya bertanya,
“Tahukah engkau, siapa aku sebenarnya ? Aku adalah iblis! Engkau datang pertama kali hendak menebang pohon itu karena semata membela Allah sehingga aku tidak mempunyai cara mengalahkanmu. Lalu, aku perdaya engkau dengan dua dinar dan engkau pun tidakjadi menebangnya. Karena sekarang engkau datang karena marah demi uang dua dinar itu maka aku dapat mengalahkanmu. Hanya dengan keikhlasan engkau bias mengalahkanku.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar